Mengenai Saya

Foto saya
Bogor, Jawa Barat, Indonesia
hai hai.....!!! welcome... here you can get some imformation... tapi kalaw blum ada harap dimaklum... soalnya masih dalam renofasi n butuh banyak komentar dari pembaca....terimakasih

Sabtu, 24 Oktober 2009

Lindu di Maluku Semalam Dinilai Picu Lima Gempa Hari Ini

Minggu, 25 Oktober 2009 | 12:36 WIB
TEMPO Interaktif, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika mengatakan gempa 7,3 skala Richter di Maluku semalam memicu terjadinya gempa di tempat lain yang lempengnya sudah hampir patah.

"Gempa semalam memicu tempat lain yang sudah matang. Itu efek domino," ujar Kepala Pusat Informasi Gempa Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Jaya Murjaya ketika dihubungi Tempo, Ahad (25/10).

Sejak dini hari tadi, Indonesia telah diguncang gempa sebanyak lima kali. Gempa pertama terjadi di Waingapu, Nusa Tenggara Timur (NTT), dengan kekuatan 6,1 skala Richter pada pukul 03.54 WIB. Sekitar 10 menit kemudian, gempa berkekuatan 5,5 skala Richter kembali mengguncang NTT. Gempa ketiga terjadi di Kabupaten Tual, Maluku, dengan kekuatan 5,3 skala Richter pada pukul 07.35 WIB.

Sekitar pukul 08.50 WIB gempa berkekuatan 5,0 skala Richter juga mengguncang Mentawai, Sumatera Barat. Terakhir, gempa terjadi di Bitung, Sulawesi Utara pada pukul 09.25 WIB dengan kekuatan 5,2 skala Richter.

Selama ini, Indonesia dikenal sebagai negara dengan wilayah berpotensi gempa yang tinggi. Namun waktu dan lokasi patahan lempengan itu tidak terbaca alat deteksi gempa. Karena itu, Badan Meteorologi tidak bisa memprediksi kapan dan di mana gempa akan terjadi. "Tapi rentetan gempa itu tidak menunjukkan ada gejala apa-apa," kata Jaya.

2 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. If you wanna clash of clans advantage go to http://clashofclanshelper.com/ - you receive free Clash of Clans gems instantly! Everybody uses this now! (Gc2Y0IzfD9)

    BalasHapus